ANIMASI TRADISIONAL
1. Apa yang
dimaksud dengan animasi tradisional?
Animasi tradisional, (animasi sel atau animasi
lukisan tangan) merupakan sejenis teknik animasi
yang mana setiap pemidang dilukis dengan tangan.
2. Apa contoh
animasi tradisional?
kartun Disney
lama ‘Bugs Bunny’, ‘Mickey Mouse’, ‘Pinocchio’, ‘ Animal Farm’,
‘Akira’
3. Mengapa
disebut dengan animasi tradisional?
Karena merupakan kumpulan Frame foto-foto gambar, yang pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini difotokopi pada lembaran transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai dengan cat warna.
4. Apa saja tipe
dari animasi tradisional?
a.Animasi cel
Chris
Patmore menulis pada tahun 2003: “when we think of animation, we think of cel
animation, that is cartoons”. Kebanyakan masyarakat di dunia melihat animasi
atau film kartun yang berbeda. Mulai dari kartun Disney lama ‘Bugs Bunny’ dan
‘Mickey Mouse’ ke lebih modern kartun ‘The Simpson’. Semua film ini mempunyai
kesamaan yaitu menggunakan animasi cel. Animasi tradisional (juga disebut
animasi cel atau animasi menggunakan gambar tangan) adalah proses yang
digunakan untuk film animasi sebagian besar dari abad ke-20. Kumpula Frame
foto-foto gambar, yang pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan,
masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini
difotokopi pada lembaran transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai
dengan cat warna. Ini adalah teknik yang digunakan Walt Disney dan
Hanna-Barbera, namun karena kemajuan teknologi, banyak teknik animasi cel yang
dilakukan saat ini tidak benar-benar menggunakan cel.Animator sekarang
menggambar di kertas lalu di pindai ke dalam computersehingga dapat diwarnai
dan di simpan sebagai file.
b.Stop-motion
Chris
Patmore menulis pada tahun 2003:“When you think about it, all animation is
stop-action. It is the capturing of individual moments that are joined together
to give the impression of movement, whether through models or drawings.”
Kalimat di atas menunjukkan stop-motion dapat
diterapkan untuk model atau gambar. Sekarang ini masyarakat beranggapan
stop-motion berhubungan dengan penggunaan model atau boneka untuk membuat
animasi. Salah satu animasi yang sukses dengan teknik ini adalah Wallace dan
Gromit yang di produksi oleh Aardman. Bentuk stop-motion yang dibuat disebut
Claymation yang penciptaan karakternya menggunakan tanah liat.
Yang membedakan
2 jenis animasi di atas yaitu pengeditannya. animasi sel yang diedit adalah
selnya, sedangkan animasi stopmotion yang diedit adalah framenya.
c.Limited
animation
Menurut
Stabil dan Horrison (Butler,1994) : “called limited animation which minimized
and repeated motion to decrease the number of drawings required and there for
reduce cost”.Terbatas animasi menciptakan sebuah gambar dengan seni abstrak,
simbolisme, dan gambar yang lebih sedikit untuk menciptakan efek yang sama,
dengan biaya yang jauh lebih rendah. Gaya animasi tergantung pada kemampuan
animator dalam meniru atau merubah tanpa gambar tambahan.
Hal
ini mendorong animator untuk menikmati gaya artistik yang tidak terikat pada batas-batas
dunia nyata Hasilnya adalah gaya artistik yang tidak bisa dikembangkan jika
animasi itu hanya dikhususkan untuk memproduksi simulasi realitas Secara
keseluruhan, penggunaan animasi yang terbatas tidak selalu berarti berkualitas
rendah karena memungkinkan penggunaan teknik timesaving yang dapat meningkatkan
kualitas dan aliran keyframes dari animasi keseluruhan.
5. Apa jenis-jenis
animasi tradisional?
1. Animasi Cel
- Kata cel
berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk
membuat film gambar
bergerak pada tahuntahun awal animasi.
- Sekarang
material film dibuat dari asetat (acetate)
- Biasanya digambar
dengan menggunakan tangan
(hand-drawn animation)
- Animasi cel
biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi
tunggal. Masing-masing sel
merupakan bagian yang terpisah,
misalnya antara obyek
dengan latar belakangnya,
sehingga dapat saling bergerak mandiri.
- Misalnya seorang
animator akan membuat
animasi orang berjalan, maka
langkah pertama dia
akan menggambar latar belakang, kemudian
karakter yang akan
berjalan di lembar berikutnya, kemudian
membuat lembaran yang
berisi karakter ketika kaki
diangkat, dan akhirnya
karakter ketika kaki dilangkahkan.
2. Animasi Frame
- Animasi frame
adalah bentuk animasi
paling sederhana. Contohnya ketika
kita membuat gambar-gambar yang
berbedabeda gerakannya pada sebuah
tepian buku kemudian
kita buka buku tersebut
dengan menggunakan jempol
secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
- Dalam sebuah
film, serangkaian frame
bergerak dengan kecepatan minimal
24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.
3. Animasi Sprite
- Pada animasi
sprite, gambar digerakkan
dengan latar belakang yang diam.
- Sprite adalah
bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya:
burung terbang, planet
yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
- Dalam animasi
sprite yang dapat
kita edit adalah
animasi dari layar yang
mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang
ditampilkan oleh layar
untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.
4. Animasi Path
- Animasi path
adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan
sebagai lintasan.
- Misalnya dalam
pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang
membutuhkan lintasan gerak tertentu.
- Pada
kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path
terjadi secara terus menerus.
5. Animasi Spline
- Spline adalah
representasi matematis dari
kurva. Sehingga gerakan obyek
tidak hanya mengikuti
garis lurus melainkan berbentuk kurva.
6. Animasi Vektor
- Vektor adalah
garis yang memiliki
ujung-pangkal, arah, dan
panjang.
- Animasi vektor mirip dengan
animasi sprite, tetapianimasi sprite menggunakan bitmap
sedangkan animasi vektor
menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
7. Animasi Character
- Animasi
karakter biasanya terdapat di film kartun.Semua bagian dalam film
kartun selalu bergerak
bersamaan. Software yang biasa
digunakan adalah Maya
Unlimited. Contoh film
kartun yang dibuat dengan
Maya Unlimited adalah
Toy Story dan Monster Inc.
Apapun jenis
animasinya, yang penting
adalah memberikan efek
“hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
Visual efek
dapat dibuat dengan cara:
- Motion
dynamics, efek yang
disebabkan perubahan posisi
terhadap waktu.
- Update dynamics, efek yang disebabkan
perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)
- Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus
kamera.
6. Bagaimana cara
kerja animasi tradisional?
a. Menyiapkan ide/storyboard (script)
Script/ide
disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke
director animasi.
b. Voice Recording
Mempersiapkan
segala musik, soundtrack, sound efek,dan suara karakter animasi yang dibuat.
c. Animatics (story reel)
Biasanya
dibuat setelah soundtrack selesai dibuat, sebelum seluruh animasi selesai
dikerjakan. Berisi gambar-gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan
adegan-adegan gambar.
d. Design and Timing
Setelah animatics
selesai disetujui, maka
animatics akan dikerjakan di bagian design department. Biasanya melibatkan
character designers, background stylist, art director, color
stylist, dan timing director.
e. Layout
Layout meliputi:
sudut penataan kamera,
lighting, dan shading.
f. Animation
Animasi
digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga
detail gerakan, penyesuaianwaktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.
g. Background
Background digambar
dengan menggunakan water
color, oil paint, dan crayon.
h. Traditional ink-and-paint and camera
Setelah semua
selesai digambar maka
akan dilakukan transfer gambar
diatas bahan yang
disebut cel dan akan difoto dan diputar di kamera seperti
dibawah ini:
i. Digital ink and paint
Pada
jaman sekarang digunakan scanner dan komputer.
Gambar ini menunjukkan bagaimana dua
cels transparan, masing-masing
dengan karakter yang berbeda digambar pada
mereka, dan latar belakang buram yang
difoto bersama untuk membentuk
citra komposit.
Thaumatrope
dan Zoetrope
Paul Roget (Perancis, 1828) penemu Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisi-sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar.
Contoh animasi Thaumatrope
Pierre
Desvignes (Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar
yang dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut
melalui cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar
sehingga satu serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang
bergerak berkelanjutan.
Contoh Zeotrope
- Thaumatrope tidak bisa
menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan
2 buah gambar yang berbeda
- Zoetrope membuat gambar bisa
bergerak berdasar gambar yang ditempelkan dalam tabung tersebut
Referensi :
Chris Patmore, 2006. The Complete Animation Course.London: Thames & Hudson.
Christy Marx, 2007. Writing for animation,comic and game. Burlington: Focal Press
Dwi Astuti, 2006. Teknik membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash
8. Penerbit Andi Yogyakarta
Suyanto M, Yuniawan Aryanto, 2006. Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Penerbit Andi
Yogyakarta
Teguh Wahyono, 2006. Animasi dengan Flash 8. Jakarta: Elex Media.
Tay Vaughan, 2006. Multimedia Making It WorkEdisi 6. Penerbit Andi Yogyakarta
Christy Marx, 2007. Writing for animation,comic and game. Burlington: Focal Press
Dwi Astuti, 2006. Teknik membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash
8. Penerbit Andi Yogyakarta
Suyanto M, Yuniawan Aryanto, 2006. Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Penerbit Andi
Yogyakarta
Teguh Wahyono, 2006. Animasi dengan Flash 8. Jakarta: Elex Media.
Tay Vaughan, 2006. Multimedia Making It WorkEdisi 6. Penerbit Andi Yogyakarta
Casino.com Archives - MJH Hub
BalasHapusCasino.com - Newest casino 김제 출장마사지 site with more than 5000 games and 200+ 창원 출장샵 slot machines. 서귀포 출장샵 Slots, table games, video poker. Come join us 청주 출장샵 to experience our 김제 출장안마 fun and