Selasa, 04 Juni 2013

ANIMASI TRADISIONAL



ANIMASI TRADISIONAL

1.      Apa yang dimaksud dengan animasi tradisional?
Animasi tradisional, (animasi sel atau animasi lukisan tangan) merupakan sejenis teknik animasi yang mana setiap pemidang dilukis dengan tangan.
2.      Apa contoh animasi tradisional?

kartun Disney lama ‘Bugs Bunny’, ‘Mickey Mouse’, ‘Pinocchio’, ‘ Animal Farm’,
‘Akira’
 



3.      Mengapa disebut dengan animasi tradisional?
      Karena merupakan kumpulan Frame foto-foto gambar, yang pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini difotokopi pada lembaran transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai dengan cat warna.

4.      Apa saja tipe dari animasi tradisional?

a.Animasi cel
Chris Patmore menulis pada tahun 2003: “when we think of animation, we think of cel animation, that is cartoons”. Kebanyakan masyarakat di dunia melihat animasi atau film kartun yang berbeda. Mulai dari kartun Disney lama ‘Bugs Bunny’ dan ‘Mickey Mouse’ ke lebih modern kartun ‘The Simpson’. Semua film ini mempunyai kesamaan yaitu menggunakan animasi cel. Animasi tradisional (juga disebut animasi cel atau animasi menggunakan gambar tangan) adalah proses yang digunakan untuk film animasi sebagian besar dari abad ke-20. Kumpula Frame foto-foto gambar, yang pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini difotokopi pada lembaran transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai dengan cat warna. Ini adalah teknik yang digunakan Walt Disney dan Hanna-Barbera, namun karena kemajuan teknologi, banyak teknik animasi cel yang dilakukan saat ini tidak benar-benar menggunakan cel.Animator sekarang menggambar di kertas lalu di pindai ke dalam computersehingga dapat diwarnai dan di simpan sebagai file.

b.Stop-motion
Chris Patmore menulis pada tahun 2003:“When you think about it, all animation is stop-action. It is the capturing of individual moments that are joined together to give the impression of movement, whether through models or drawings.”
 Kalimat di atas menunjukkan stop-motion dapat diterapkan untuk model atau gambar. Sekarang ini masyarakat beranggapan stop-motion berhubungan dengan penggunaan model atau boneka untuk membuat animasi. Salah satu animasi yang sukses dengan teknik ini adalah Wallace dan Gromit yang di produksi oleh Aardman. Bentuk stop-motion yang dibuat disebut Claymation yang penciptaan karakternya menggunakan tanah liat.

Yang membedakan 2 jenis animasi di atas yaitu pengeditannya. animasi sel yang diedit adalah selnya, sedangkan animasi stopmotion yang diedit adalah framenya.

c.Limited animation
Menurut Stabil dan Horrison (Butler,1994) : “called limited animation which minimized and repeated motion to decrease the number of drawings required and there for reduce cost”.Terbatas animasi menciptakan sebuah gambar dengan seni abstrak, simbolisme, dan gambar yang lebih sedikit untuk menciptakan efek yang sama, dengan biaya yang jauh lebih rendah. Gaya animasi tergantung pada kemampuan animator dalam meniru atau merubah tanpa gambar tambahan.
Hal ini mendorong animator untuk menikmati gaya artistik yang tidak terikat pada batas-batas dunia nyata Hasilnya adalah gaya artistik yang tidak bisa dikembangkan jika animasi itu hanya dikhususkan untuk memproduksi simulasi realitas Secara keseluruhan, penggunaan animasi yang terbatas tidak selalu berarti berkualitas rendah karena memungkinkan penggunaan teknik timesaving yang dapat meningkatkan kualitas dan aliran keyframes dari animasi keseluruhan.

5.      Apa jenis-jenis animasi tradisional?

1.  Animasi Cel
- Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan  untuk  membuat  film  gambar  bergerak  pada  tahuntahun awal animasi.
- Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)
- Biasanya  digambar  dengan  menggunakan  tangan  (hand-drawn animation)
- Animasi  cel  biasanya  merupakan  lembaran-lembaran  yang membentuk  animasi  tunggal.   Masing-masing  sel  merupakan bagian  yang  terpisah,  misalnya  antara  obyek  dengan  latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
- Misalnya  seorang  animator  akan  membuat  animasi  orang berjalan,  maka  langkah  pertama  dia  akan  menggambar  latar belakang,  kemudian  karakter  yang  akan  berjalan  di  lembar berikutnya,  kemudian  membuat  lembaran  yang  berisi  karakter ketika  kaki  diangkat,  dan  akhirnya  karakter  ketika  kaki dilangkahkan.
2.  Animasi Frame
- Animasi  frame  adalah  bentuk  animasi  paling  sederhana. Contohnya  ketika  kita  membuat  gambar-gambar  yang  berbedabeda  gerakannya pada  sebuah  tepian  buku  kemudian  kita  buka buku  tersebut  dengan  menggunakan  jempol  secara  cepat  maka gambar akan kelihatan bergerak.
- Dalam  sebuah  film,  serangkaian  frame  bergerak  dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.
3.  Animasi Sprite
- Pada  animasi  sprite,  gambar  digerakkan  dengan  latar  belakang yang diam.
- Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti  misalnya:  burung  terbang,  planet  yang  berotasi,  bola memantul, ataupun logo yang berputar.
- Dalam  animasi  sprite  yang  dapat  kita  edit  adalah  animasi  dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam  yang  ditampilkan  oleh  layar  untuk  masing-masing  frame seperti pada animasi frame.
4.  Animasi Path
- Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
- Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.
- Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
5.  Animasi Spline
- Spline  adalah  representasi  matematis  dari  kurva.  Sehingga gerakan  obyek  tidak  hanya  mengikuti  garis  lurus  melainkan berbentuk kurva.
6.  Animasi Vektor
- Vektor  adalah  garis  yang  memiliki  ujung-pangkal,  arah,  dan
panjang.
           - Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapianimasi sprite menggunakan  bitmap  sedangkan  animasi  vektor  menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
7.  Animasi Character
- Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun.Semua bagian dalam  film  kartun  selalu  bergerak  bersamaan.   Software  yang biasa  digunakan  adalah  Maya  Unlimited.   Contoh  film  kartun yang  dibuat  dengan  Maya  Unlimited  adalah  Toy  Story  dan Monster Inc.
Apapun  jenis  animasinya,  yang  penting  adalah  memberikan  efek  “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
Visual efek dapat dibuat dengan cara:
-  Motion  dynamics,  efek  yang  disebabkan  perubahan  posisi  terhadap waktu.
-  Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)
-  Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.

6.      Bagaimana cara kerja animasi tradisional?

a.  Menyiapkan ide/storyboard (script)
Script/ide disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke director animasi.
b.  Voice Recording
Mempersiapkan segala musik, soundtrack, sound efek,dan suara karakter animasi yang dibuat. 
c.  Animatics (story reel)
Biasanya dibuat setelah soundtrack selesai dibuat, sebelum seluruh animasi selesai dikerjakan. Berisi gambar-gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-adegan gambar.
d.  Design and Timing
Setelah  animatics  selesai  disetujui,  maka  animatics akan dikerjakan di bagian design department. Biasanya  melibatkan  character  designers,  background stylist, art director, color stylist, dan timing director. 
e.  Layout
Layout  meliputi:  sudut  penataan  kamera,  lighting,  dan shading.
f.  Animation
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaianwaktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.
g.  Background
Background  digambar  dengan  menggunakan  water  color, oil paint, dan crayon. 
 
h.  Traditional ink-and-paint and camera
Setelah  semua  selesai  digambar  maka  akan  dilakukan transfer  gambar  diatas  bahan  yang  disebut  cel dan  akan difoto dan diputar di kamera seperti dibawah ini: 

i.  Digital ink and paint
Pada jaman sekarang digunakan scanner dan komputer.

 
Gambar ini menunjukkan bagaimana dua cels transparan, masing-masing dengan karakter yang berbeda digambar pada mereka, dan latar belakang buram yang difoto bersama untuk membentuk citra komposit.


Thaumatrope dan Zoetrope

        Paul Roget (Perancis, 1828) penemu Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisi-sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar.



Contoh animasi Thaumatrope



        Pierre Desvignes (Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar yang dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut melalui cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar sehingga satu serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang bergerak berkelanjutan.

Contoh Zeotrope
 

                   Tidak ada perbedaan dalam hal penciptaan animasi dalam Thaumatrope ataupun Zoetrope. Kedua alat ini memanfaatkan cara kerja PO mata manusia. Yang membedakan thaumatrope dan zoetrope adalah :
- Thaumatrope tidak bisa menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan 2 buah gambar yang berbeda
- Zoetrope membuat gambar bisa bergerak berdasar gambar yang ditempelkan dalam tabung tersebut



Referensi :
Chris Patmore, 2006. The Complete Animation Course.London: Thames & Hudson.
Christy Marx, 2007. Writing for animation,comic and game. Burlington: Focal Press
Dwi Astuti, 2006. Teknik membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash
8. Penerbit Andi Yogyakarta
Suyanto M, Yuniawan Aryanto, 2006. Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Penerbit Andi
Yogyakarta
Teguh Wahyono, 2006. Animasi dengan Flash 8. Jakarta: Elex Media.
Tay Vaughan, 2006. Multimedia Making It WorkEdisi 6. Penerbit Andi Yogyakarta


1 komentar:

  1. Casino.com Archives - MJH Hub
    Casino.com - Newest casino 김제 출장마사지 site with more than 5000 games and 200+ 창원 출장샵 slot machines. 서귀포 출장샵 Slots, table games, video poker. Come join us 청주 출장샵 to experience our 김제 출장안마 fun and

    BalasHapus