12 PRINSIP DASAR ANIMASI
1. Apa
itu 12 prinsip animasi?
Prinsip-prinsip yang
digunakan untuk membantu produksi dan diskusi kreatif, juga untuk melatih
animator-animator muda dengan lebih cepat dan lebih baik.
2.
Siapa yang merumuskan 12 prinsip animasi?
Frank Thomas dan Ollie
Johnston animatorWalt Disney merumuskan 12 prinsip animasi
3.
Kapan 12 prinsip animasi muncul?
Dibuat
di awal tahun 1930an
4.Mengapa 12 prinsip animasi muncul?
Karena kedua belas
prinsip animasi ini menjadi salah satu dasar dari animasi karakter kartun yang
digambar manual bahkan sampai saat ini. 12 prinsip animasi umumnya mengenai
lima hal: acting the performance, directing the performance, representing
reality(melalui drawing, modeling, and rendering), interpreting real world
physics, and editing a sequence of actions.
5.Apa itu prinsip squash and stretch?
Perubahan massa dan bentuk dari suatu objek
sewaktu bergerak. Digunakan untuk membuat suatu gerakan sehingga terlihat
dilebih-lebihkan. Squash and stretch biasanya digunakan untuk mendapatkan efek
yang komedis.
Contoh pada benda mati: Ketika sebuah bola
dilemparkan. Pada saat bola menyentuh tanah maka dibuat seolah-olah bola yang
semula bentuknya bulat sempurna menjadi sedikit lonjong horizontal, meskipun
nyatanya keadaan bola tidak selalu demikian.Hal ini memberikan efek pergerakan
yang lebih dinamis dan ‘hidup’.
Contoh pada benda hidup: Sinergi bisep dan trisep
pada manusia. Pada saat lengan ditarik (seperti gerakan mengangkat barbel) maka
akan terjadi kontraksi pada otot bisep sehingga nampak ‘memuai’, hal inilah
yang disebut squash pada animasi. Sedangkan stretch nampak ketika dilakukan
gerakan sebaliknya (seperti gerakan menurunkan lengan), bisep akan nampak
‘menyusut’.
6.
Apa itu prinsip anticipation?
Memperlihatkan persiapan sebelum pergerakan
yang fungsinya adalah untuk memberi gambaran kepada pemirsa kira-kira adegan
apakah yang akan terjadi.
7. Apa itu prinsip staging?
Penempatan karakter dalam sebuah scene, fungsinya adalah menyampaikan
mood atau maksud dari suatu adegan.
8. Apa itu prinsip straight ahead and pose to pose?
Adalah dua teknik animasi yang dapat menghasilkan animasi yang cukup
berbeda. Di tahap awal animasi manual, pose-to-pose menjadi teknik animasi
standar karena teknik ini memecah struktur gerakan menjadi sekumpulan pose
kunci yang jelas. Dalam straight-ahead action, animator membuat gerakan
karakter secara linear atau langsung tanpa menggunakan pose kunci.
9. Apa itu prinsip follow through and overlapping action?
Adalah dua teknik yang membantu membuat aksi menjadi lebih kaya dan
lebih penuh dengan detail dan penjiwaan. Follow-through adalah reaksi karakter
setelah menjalankan suatu aksi, sedangkan overlapping action adalah
gerakan-gerakan yang membaur dengan gerakan utama si karakter.
10. Apa itu prinsip slow in and slow out?
Terdiri dari melambatkan awal dan akhir dari sebuah aksi, sedangkan
mempercepat bagian tengah dari aksi tersebut. Efek “Snappy” akan didapatkan
pada saat gerakan dipercepat dan diperlambat dengan cara ini.
Contoh: Dalam gerakan misalnya mengambil gelas.
Tangan akan memiliki kecepatan yang berbeda ketika sedang akan menjamah gelas,
dengan ketika sudah menyentuhnya. Ketika tangan masih jauh dari gelas, tangan
akan bergerak relatif cepat. Sedangkan ketika tangan sudah mendekati gelas,
maka secara refleks tangan akan menurunkan kecepatannya (terjadi perlambatan)
atau dalam konteks ini kita menyebutnya slow out.
11. Apa itu prinsip archs?
Teknik dengan menggunakan lengkungan untukmenganimasikan gerakan
karakter membantu untuk mendapatkan kesan natural, karena kebanyakan mahluk
hidup gerakannya seperti kurva, tidak pernah bergerak seperti garis lurus
secara sempurna. Gerakan tidak berkurva akan menghasilkan gerakan kaku seperti
robot.
Dengan Prinsip Archs
Dengan Prinsip Archs
12. Apa itu prinsip secondary action?
Gerakan yang dihasilkan dari gerakan lainnya. Terdiri dari
gerakan-gerakan kecil yang melengkapi aksi utama. Contohnya, gerakan rambut,
gerakan pakaian yang dikenakan karakter.
Contoh: Ketika seseorang sedang berjalan, gerakan
utamanya tentu adalah melangkahkan kaki sebagaimana berjalan seharusnya. Tetapi
seorang animator bisa menambahkan secondary action untuk memperkuat kesan hidup
pada animasinya. Misalnya, sambil berjalan ‘seorang’ figur atau karakter
animasi mengayun-ayunkan tangannya atau bersiul-siul. Gerakan mengayun-ayunkan
tangan dan bersiul-siul inilah secondary action untuk gerakan berjalan.
13. Apa itu prinsip timing and spacing?
Jeda dari pergerakan yang menggambarkan berat dan ukuran objek yang
digunakan untuk menjelaskan karakter personal dari objek juga adalah saat dan
jumlah waktu dari karakter dalam menjalankan sebuah aksi. Timing akan
menambahkan emosi dan intensi dari performa si karakter.
Contoh Timing: Menentukan pada detik keberapa
sebuah pergerakan benda secara lambat atau cepat
Contoh Spacing: Menentukan kepadatan gambar (yang
pada animasi akan berpengaruh pada kecepatan gerak) ketika bola itu sebelum
menghantam kaca, tepat menghantam kaca, sesudahnya, atau misalnya ketika bola
itu mulai jatuh ke lantai. Spacing (pengaturan kepadatan gambar) akan
mempengaruhi kecepatan gerak bola, percepatan dan perlambatannya, sehingga
membuat sebuah gerakan lebih realistis.
14. Apa itu prinsip exaggeration?
Adalah gerakan yang melebih-lebihkan darisuatu karakter yang biasanya
membantu si karakter untuk menyampaikan inti dari aksi yang dilakukannya.
Contoh: 1) Bola mata Tom yang ‘melompat’ keluar.
2) Muka Donald yang membara ketika marah,
3) Air mata Nobita yang
mengalir seperti air terjun ketika menangis.
15. Apa itu prinsip solid drawing?
Menekankan garis dan bentuk yang jelas untuk membuat karakteranimasi
menjadi hidup. Modeling yang solid dan tepat membantu untuk menyampaikan bobot,
kedalaman dan keseimbangan dari sebuah karakter, hal ini juga dapat mengurangi kesulitan produksi karena karakter yang
dimodel dengan buruk.
16. Apa itu prinsip appeal?
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam
animasi. Sebagaimana gambar yang telah menelurkan banyak gaya, animasi (dan
ber-animasi) juga memiliki gaya yang sangat beragam. Sebagai contoh, anda tentu
bisa mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya
sekilas. Anda juga bisa melihat ke-khas-an animasi buatan Disney atau
Dreamworks. Hal ini karena mereka memiliki appeal atau gaya tertentu.
Ada
juga yang berpendapat bahwa appeal adalah tentang penokohan, berkorelasi dengan
‘kharisma’ seorang tokoh atau karakter dalam animasi. Jadi, meskipun tokoh
utama dari sebuah animasi adalah monster, demit, siluman atau karakter ‘jelek’
lainnya tetapi tetap bisa appealing.
17. Kapan prinsip-prinsip tersebut digunakan?
Digunakan
pada saat animator akan membuat sebuah film animasi 3D ataupun 2D
18. Apakah seluruh prinsip tersebut harus digunakan dalam pembuatan
animasi?
Ya
19. Apakah ada prinsip-prinsip lain di luar 12 prinsip animasi tersebut
yang dapat dijadikan acuan dalam pembuatan animasi?
Prinsip-prinsip yang
orisinil masih berlaku sampai sekarang karena prinsip tersebut membantu kita
untuk membuat karakter dan situasi yang lebih masuk akal. Prinsip tersebut
dapat diberlakukan dalam hampir semua tipe animasi, walaupun paling baik untuk
komedi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar