Selasa, 28 Mei 2013

12 PRINSIP DASAR ANIMASI

12 PRINSIP DASAR ANIMASI



1. Apa itu 12 prinsip animasi?
Prinsip-prinsip yang digunakan untuk membantu produksi dan diskusi kreatif, juga untuk melatih animator-animator muda dengan lebih cepat dan lebih baik.

2. Siapa yang merumuskan 12 prinsip animasi?
Frank Thomas dan Ollie Johnston animatorWalt Disney merumuskan 12 prinsip animasi

http://imagehost.vendio.com/a/35104116/aview/SCAN0111_027.JPG

3. Kapan 12 prinsip animasi muncul?
Dibuat di awal tahun 1930an

4.Mengapa 12 prinsip animasi muncul?
Karena kedua belas prinsip animasi ini menjadi salah satu dasar dari animasi karakter kartun yang digambar manual bahkan sampai saat ini. 12 prinsip animasi umumnya mengenai lima hal: acting the performance, directing the performance, representing reality(melalui drawing, modeling, and rendering), interpreting real world physics, and editing a sequence of actions.

5.Apa itu prinsip squash and stretch?
Perubahan massa dan bentuk dari suatu objek sewaktu bergerak. Digunakan untuk membuat suatu gerakan sehingga terlihat dilebih-lebihkan. Squash and stretch biasanya digunakan untuk mendapatkan efek yang komedis.
Contoh pada benda mati: Ketika sebuah bola dilemparkan. Pada saat bola menyentuh tanah maka dibuat seolah-olah bola yang semula bentuknya bulat sempurna menjadi sedikit lonjong horizontal, meskipun nyatanya keadaan bola tidak selalu demikian.Hal ini memberikan efek pergerakan yang lebih dinamis dan ‘hidup’.
Contoh pada benda hidup: Sinergi bisep dan trisep pada manusia. Pada saat lengan ditarik (seperti gerakan mengangkat barbel) maka akan terjadi kontraksi pada otot bisep sehingga nampak ‘memuai’, hal inilah yang disebut squash pada animasi. Sedangkan stretch nampak ketika dilakukan gerakan sebaliknya (seperti gerakan menurunkan lengan), bisep akan nampak ‘menyusut’.

 


6. Apa itu prinsip anticipation?
Memperlihatkan persiapan sebelum pergerakan yang fungsinya adalah untuk memberi gambaran kepada pemirsa kira-kira adegan apakah yang akan terjadi.

http://ailytanza.files.wordpress.com/2013/04/5.jpg

7. Apa itu prinsip staging?
Penempatan karakter dalam sebuah scene, fungsinya adalah menyampaikan mood atau maksud dari suatu adegan.

http://ailytanza.files.wordpress.com/2013/04/8.jpg

8. Apa itu prinsip straight ahead and pose to pose?
Adalah dua teknik animasi yang dapat menghasilkan animasi yang cukup berbeda. Di tahap awal animasi manual, pose-to-pose menjadi teknik animasi standar karena teknik ini memecah struktur gerakan menjadi sekumpulan pose kunci yang jelas. Dalam straight-ahead action, animator membuat gerakan karakter secara linear atau langsung tanpa menggunakan pose kunci.

http://ailytanza.files.wordpress.com/2013/04/11.jpg

9. Apa itu prinsip follow through and overlapping action?
Adalah dua teknik yang membantu membuat aksi menjadi lebih kaya dan lebih penuh dengan detail dan penjiwaan. Follow-through adalah reaksi karakter setelah menjalankan suatu aksi, sedangkan overlapping action adalah gerakan-gerakan yang membaur dengan gerakan utama si karakter.



10. Apa itu prinsip slow in and slow out?
Terdiri dari melambatkan awal dan akhir dari sebuah aksi, sedangkan mempercepat bagian tengah dari aksi tersebut. Efek “Snappy” akan didapatkan pada saat gerakan dipercepat dan diperlambat dengan cara ini.
Contoh: Dalam gerakan misalnya mengambil gelas. Tangan akan memiliki kecepatan yang berbeda ketika sedang akan menjamah gelas, dengan ketika sudah menyentuhnya. Ketika tangan masih jauh dari gelas, tangan akan bergerak relatif cepat. Sedangkan ketika tangan sudah mendekati gelas, maka secara refleks tangan akan menurunkan kecepatannya (terjadi perlambatan) atau dalam konteks ini kita menyebutnya slow out.



11. Apa itu prinsip archs?
Teknik dengan menggunakan lengkungan untukmenganimasikan gerakan karakter membantu untuk mendapatkan kesan natural, karena kebanyakan mahluk hidup gerakannya seperti kurva, tidak pernah bergerak seperti garis lurus secara sempurna. Gerakan tidak berkurva akan menghasilkan gerakan kaku seperti robot.

Dengan Prinsip Archs
 

Tanpa Prinsip Archs



12. Apa itu prinsip secondary action?
Gerakan yang dihasilkan dari gerakan lainnya. Terdiri dari gerakan-gerakan kecil yang melengkapi aksi utama. Contohnya, gerakan rambut, gerakan pakaian yang dikenakan karakter.
Contoh: Ketika seseorang sedang berjalan, gerakan utamanya tentu adalah melangkahkan kaki sebagaimana berjalan seharusnya. Tetapi seorang animator bisa menambahkan secondary action untuk memperkuat kesan hidup pada animasinya. Misalnya, sambil berjalan ‘seorang’ figur atau karakter animasi mengayun-ayunkan tangannya atau bersiul-siul. Gerakan mengayun-ayunkan tangan dan bersiul-siul inilah secondary action untuk gerakan berjalan.

http://ailytanza.files.wordpress.com/2013/04/21.jpg

13. Apa itu prinsip timing and spacing?
Jeda dari pergerakan yang menggambarkan berat dan ukuran objek yang digunakan untuk menjelaskan karakter personal dari objek juga adalah saat dan jumlah waktu dari karakter dalam menjalankan sebuah aksi. Timing akan menambahkan emosi dan intensi dari performa si karakter.

Contoh Timing: Menentukan pada detik keberapa sebuah pergerakan benda secara lambat atau cepat
Contoh Spacing: Menentukan kepadatan gambar (yang pada animasi akan berpengaruh pada kecepatan gerak) ketika bola itu sebelum menghantam kaca, tepat menghantam kaca, sesudahnya, atau misalnya ketika bola itu mulai jatuh ke lantai. Spacing (pengaturan kepadatan gambar) akan mempengaruhi kecepatan gerak bola, percepatan dan perlambatannya, sehingga membuat sebuah gerakan lebih realistis.
 

14. Apa itu prinsip exaggeration?
Adalah gerakan yang melebih-lebihkan darisuatu karakter yang biasanya membantu si karakter untuk menyampaikan inti dari aksi yang dilakukannya.
Contoh: 1) Bola mata Tom yang ‘melompat’ keluar.
             2) Muka Donald yang membara ketika marah,
             3) Air mata Nobita yang mengalir seperti air terjun ketika menangis.
 http://www.glitters20.com/quotes/wp-content/uploads/2012/11/Tom-And-Jerry-Cartoon-Characters-Pictures-And-Wallpapers-20.jpg










http://images.internetgiftstore.com/images/products/zoom/1335259219-98634200.jpg

http://images.wikia.com/doraemon/en/images/a/a6/Nobita_Crying.jpg

 15. Apa itu prinsip solid drawing?
Menekankan garis dan bentuk yang jelas untuk membuat karakteranimasi menjadi hidup. Modeling yang solid dan tepat membantu untuk menyampaikan bobot, kedalaman dan keseimbangan dari sebuah karakter, hal ini juga dapat mengurangi  kesulitan produksi karena karakter yang dimodel dengan buruk.





Solid Drawing


16. Apa itu prinsip appeal?
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Sebagaimana gambar yang telah menelurkan banyak gaya, animasi (dan ber-animasi) juga memiliki gaya yang sangat beragam. Sebagai contoh, anda tentu bisa mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas. Anda juga bisa melihat ke-khas-an animasi buatan Disney atau Dreamworks. Hal ini karena mereka memiliki appeal atau gaya tertentu.
Ada juga yang berpendapat bahwa appeal adalah tentang penokohan, berkorelasi dengan ‘kharisma’ seorang tokoh atau karakter dalam animasi. Jadi, meskipun tokoh utama dari sebuah animasi adalah monster, demit, siluman atau karakter ‘jelek’ lainnya tetapi tetap bisa appealing.

Appeal


17. Kapan prinsip-prinsip tersebut digunakan?
Digunakan pada saat animator akan membuat sebuah film animasi 3D ataupun 2D

18. Apakah seluruh prinsip tersebut harus digunakan dalam pembuatan animasi?
Ya

19. Apakah ada prinsip-prinsip lain di luar 12 prinsip animasi tersebut yang dapat dijadikan acuan dalam pembuatan animasi?

Prinsip-prinsip yang orisinil masih berlaku sampai sekarang karena prinsip tersebut membantu kita untuk membuat karakter dan situasi yang lebih masuk akal. Prinsip tersebut dapat diberlakukan dalam hampir semua tipe animasi, walaupun paling baik untuk komedi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar