Animasi objek 2
Dimensi terdiri dari bitmap dan vektor.
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan
baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain”
memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata
benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses
kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek
nyata.
Gambar bitmap atau desain bitmap adalah objek grafis yang
tersusun atas pixel. setiap pixel atau sering disebut bit dalam objek tersebut
memuat informasi berupa warna yang akan ditampilkan. Bitmap memiliki resolusi
yang tetap dan tidak bisa diperbesar dengan tanpa kehilangan ketajaman
resolusinya.Yang termasuk bitmap antara lain JPEG, TIFF, GIF, PICT, BMP, dll
Kelemahan dari Gambar Bitmap antara lain adalah Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
Efek yang diidapat dari
objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat
dicetak pada resolusi yang lebih rendah,atau dengan kata lain Sifat gambar
raster yang Resolution Dependent, menyebabkan gambar yang low resolution, sulit
untuk diubah menjadi high resolution. Sebaliknya, gambar yang high resolution
mudah dan aman untuk diubah ke low resolution.
Kelebihan
dari Gambar Bitmap adalah
v Pembagian
gambar menjadi kotak_kotak kecil ( pixel ) dapat diatur menjadi sangat banyak.
Hal inilah yang disebut dengan Resolusi Tinggi. Selain itu warna yang
ditampilkan oleh setiap titik pada saat ini, dapat mencapai lebih dari 16777000
kemungkinan warna.
v Dapat
ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai
keinginan.
v Dapat
menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan
cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
v Software
aplikasi bitmap 2 dimensi
v Windows
Paint, Paintbrush, Adobe Photoshop, Corel Photopaint
v Softwere
aplikasi bitmap 3 dimensi
v Clay
dan Digital nendo
Gambar vektor atau desain
vektor adalah sebuah gambar yang dibuat berdasarkan titik
koordinat geometris tertentu jadi tidak akan berpengaruh ketika gambar tersebut
mau di buat lebih kecil ataupun lebih besar sesuka hati anda. Karena gambar
vektor terbuat berdasarkan titik koordinat, maka tidak perlu khawatir jika gambar
tersebut diperbesar beberapa kali, gambar tersebut tidak akan pecah. Maka dari
itu kebanyakan gambar – gambar yang digunakan untuk proses percetakan terlebih
ukuran yang besar, seperti banner, spanduk, dan pamflet, mereka menggunakan
gambar vektor.
Kelebihan Dan Kekurangan Desain Berbasis Vektor
Kelebihan Grafis Vektor
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
- Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Kekurangan
Grafis Vektor
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Aplikasi untuk membuat grafis vektor
CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.
Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.
Program aplikasi grafis vektor, yang
lain Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer. Corel Draw, Inkscape, Serif DrawPlus, Xara Xtreme, Skencil,
Creative Docs.NET, sK1, GIMP, Alchemy, Karbon 14
Gambar-gambar berformat
vector ideal untuk logo dan ilustrasi karena memiliki resolusi yang bebas dan
dapat di-skala ke dalam ukuran yang tak terbatas, dapat dicetak dan ditampilkan
dalam resolusi berapa saja tanpa kehilangan detail setiap bagian dan tidak
kehilangan kualitasnya. Dengan kata lain, anda dapat membuat gambar garis yang
sangat tegas, jelas dan tajam dengan menggunaksan format vector.
Button
adalah sebuah tombol didalam flash yang dibuat untuk lebih terjadinya hubungan
interaksi antara user dengan flash animasi. Contoh simpel adalah sebuah game
flash yang ada di games.co.id disana setiap animasi yang dapat diklik adalah
button Ketika pengguna menggerakkan kursor di atas sebuah button, maka button
tersebut akan aktif, biasanya ditandai dengan perubahan warna, ukuran, atau
bentuk button. Jika button tersebut di-klik, maka aplikasi akan menjalankan
sebuah aksi seperti yang telah dijelaskan pada tulisan nama button tersebut.
Aksi oleh button biasanya dijalankan secara instan. Contoh button banyak
terdapat pada menu atau kotak dialog yang biasanya mencakup penyelesaian
operasi yang didefinisikan oleh judul kotak dialog tersebut.Button digunakan
untuk memanggil fungsi-fungsi tertentu, serta memiliki tampilan yang berubah
ubah sewaktu kita meng-mouseover atau meng-click nya.
Beveled
button
o Tekan tahan tombol
kiri mouse dari sudut untuk membuat penyesuaian kontras gelap terang pada
gambar.
o Warna hijau posisinya
disudut untuk penyesuaian lebar.
o Tekan dan tahan
tombol kiri mouse pada warna hijau yang posisinya di salah satu sisi untuk
mengatur gelap terang objek.
Rounded
button
o Tekan tahan tombol
kiri mouse dari sudut untuk membuat penyesuaian kontras gelap terang pada
gambar.
o Warna hijau posisinya
disudut untuk penyesuaian sudut yang dibulatkan.
o Tekan dan tahan
tombol kiri mouse pada warna hijau yang posisinya di salah satu sisi untuk
mengatur gelap terang objek.
Movie Clip
sebenarnya adalah sebuah animasi yang berjalan sendiri pada sebuah scene
sehingga dia memiliki timeline tersendiri dan pergerakannya pun menyendiri.. Contohnya
seperti sebuah mangkok, suatu mangkok bisa diisi apa saja, selain itu di
dalam mangkok juga bisa diletakkan mangkok yang kecil, tentu saja
ukurannya pasti lebih kecil daripada mangkok luarnya. Sama halnya
movieclip, di dalam movieclip juga bisa ditaruh 1 bahkan seribu gambar
ataupun video. Satu movieclip juga bisa berisi sebuah movieclip
lain. Pastinya jika movieclip di bagian dalam membesar, otomatis movieclip
bagian luar juga membesar.
Di
flash penulisan movieclip biasanya ditulis dengan akhiran “_mc”, hal
ini bukan sesuatu yang harus, namun jika kita menggunakan flash IDE
(Macromedia Flash 8 atau CS3/4,5,5.5,6) ketika kita melakukan pemrograman
akan lebih mudah jika menggunakan akhiran _mc.
Instance
Name dalam movie clip adalah identitas atau nama yang menjadi bagian terpenting
dalam flash. Instance Name berfungsi untuk membedakan objek yang satu dengan
yang lainnya. Instance Name juga berfungsi untuk pendeklarasian efek dan
jenis tween yang digunakan dalam animasinya. Instance name digunakan untuk
menghubungkan movie clip atau button di stage agar dapat menggunakan
script. Tanpa pemberian instance name pada movie clip atau button
akan kesulitan dalam menghubungkan movie clip atau button tersebut dengan
script.
Pada
dasarnya, Objek yang disertakan di dalam ActionScript harus dijadikan sebagai
Symbol. Namun, proses pembuatan Symbol saja hanya akan menyebabkan objek
tersebut terdaftar di Library. Jika ingin disertakan dalam ActionScript, maka
symbol tersebut harus diberi nama, yakni Instance Name.
Sumber :
http://vectorillustrator.wordpress.com/pengertian-gambar-vektor/
repository.usu.ac.id/bitstream/.../4/Chapter%20II.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar